Pentingnya penerapan teori marketing 7P
dalam suatu usaha
PEMASARAN RUMAH BUMI INDAH
PASAR KEMIS
Dalam komunikasi pemasaran
diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran
pemasaran (marketing mix).Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan
penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan
pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal
tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan
price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence.
Dalam komunikasi
pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran
komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu
bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing
mix, namun kini lebih spesifik. dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali
pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya. Dalam marketing mix
perusahaan pemasaran khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar
pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi
pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people,
process, dan physical evidence.
Disini saya akan coba bahas dan
menganalisis sebuah perusahaan yang menawarkan jasa marketing pemasaran yaitu
PERUMAHAN BUMI INDAH (PBI ).
1. Produk (Product)
2. Promosi (promotion )
Promosi merupakan suatu
aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik dibawah
pengendalian penjual/produsen , yang dapat mengkomunikasikan informasi
persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan uleh produsen , baik
secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian .
Dengan kosep promosi , PBI melakukan serangkaian promosi
dengan produk-produknya melalui berbagai media elektronik maupun non elektronik
seperti banner / spanduk yang dipasang dimana- dimana dan di koran maupun
tabloid dll .
PBI akan dapat
menarik nasabah baru dengan mengkomunikasikan produk rumah terbaru dan dapat
meniformasikan kepada nasabahnya tentang peningkatan kualitas yang produk yang
ditawarkan dengan itu nasabah baru akan mendatangi kantor pemasaran bumi indah
dan bisa menawarkan produkn lainnya .
3. Harga (price)
Penetapan harga merupakan suatu
hal penting . perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan
karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga
merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar
sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
PBI pun memberikan harga yang terjangkau untuk memenuhi
kebutuhan nasabanhnya seperti pada produk KPR (Kredit pemilikan rumah) misal
nasabah ingin membeli rumah dengan harga Rp. 380.000.000 dengan adanya kpr
tersebut nasabah dapat mengasur pembelian rumah dengan dp pertama Rp.80.000.000
dan diangsur selama 10thn . dengan perbulan Rp. 3.000.000 hingga 10 thn .
4. Lokasi tempat ( place )
Tempat atau lokasi yang strategis akan
menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh
konsumennya. PBI sangat mempertimbangkan untuk membuka perumahan yang
terjangkau oleh konsumennya , dalam pemilihan lokasinya PBI membuka perumahan
yang sangat strategis yakni dekat dengan bandara soekarno hatta yaitu 30 menit
dari PBI , bukan hanya itu PBI juga berdekatan dengan mall dan pasar sehingga
memudahkan masyarakat dalam memnuhi kebutuhannya .
5. Orang ( people )
People merupakan aset utama
dalam industri jasa pemasaran . dalam hal ini adalah para costumer service (CS)
yang berada pada posisi depan (frontliner) yang langsung bertemu dan memberikan
servis kepada nasabahnya . CS berkinerja tinggi akan menyebabkan nasabah puas
dan loyal , dengan adanya cs ini yang menjadi ujuung tobak PBI yang dilengkapi
wawasan luas dan skill pemasaran yang tinggi akan membuat nasabh PBI memberi
rasa pecaya dan aman untuk menetap di perumahan tersebut .
6. Proses ( process )
Cara ini di
implementasikan PBI dengan membuka dan menutup kantornya sesuai waktu yag
ditentukan PBI . lalu juga karyawannya juga diberi skill yang dapat mengikuti
prosedur dan sistem yang merupakan standarnya seperti memberikan pelayanan dalam
mengahapi nasabah dengan senyum menyabut para nasabahnya . Proses yang
berlangsung ini akan menjamin mutu layana PBI sehingga mendapat penilaian yang
semakin baik .
7 . Bukti fisik ( physical evidence )
Gedung merupakan bagian daari
bukti fisik , karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi
kosumen dalam perusahaan pemasaran yang memiliki karakter . perhatian terhadap
interior , perlengkapan bangunan , termasuk tataletak dan tata ruang yang
lapang menjadi pperhatian penting dan daapat mempengaruhi mood pengunjung .
bangunan harus dapat menciptakan suasana yang nyaman dengan keramahan dan
kemuraahan senyum menjadi nilai tambah bagi pengunjung , khususnya menjadi
syarat utama perusahaan pemasaran / marketing . bukti fisik yang dapat membuat
PBI merasa puas adalah buakn hanya pelayan yang ada di kantor pemasaranya
melaikan dengan ada contoh rumah yang dipasarkan sehingga nasabah yang ingin
membeli bisa dapat melihat bagian dalam suatu rumah yang nanti akan
ditempatinya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar