Minggu, 01 November 2015

TUGAS2_3SS_PENGANTAR BISNIS( PEMBAURAN PEMASARAN )

Pentingnya penerapan teori marketing 7P dalam suatu usaha 

PEMASARAN RUMAH BUMI INDAH
PASAR KEMIS

Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix).Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence. 

                                                                                                                                
         Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik.  dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya. Dalam marketing mix perusahaan pemasaran khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. 

      Disini saya akan coba bahas dan menganalisis sebuah perusahaan yang menawarkan jasa marketing pemasaran yaitu PERUMAHAN BUMI INDAH (PBI ).


1. Produk (Product)
              PBI memasarkan produknya yang berupa rumah yang mereka keluarkan untuk menarik masyarakat untuk menjadi pembeli / nasabah dari mereka . dengan sangat mengerti dan memahami kebutuhan masyarakat , maka PBI memilik produk yang berupa rumah yang bermanfaat dan dapat digunakan seperti perumahan bumi indah (PBI) tahap 1 , tahap 2 , tahap 3 , dan tahap 4 , dimana masyarakat dapat leluasa memilih rumah yang pas dengan kebutuhan yang dimilikinya .


2. Promosi (promotion )
         Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik dibawah pengendalian penjual/produsen , yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan uleh produsen , baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian .
Dengan kosep promosi , PBI melakukan serangkaian promosi dengan produk-produknya melalui berbagai media elektronik maupun non elektronik seperti banner / spanduk yang dipasang dimana- dimana dan di koran maupun tabloid dll . 
         PBI  akan dapat menarik nasabah baru dengan mengkomunikasikan produk rumah terbaru dan dapat meniformasikan kepada nasabahnya tentang peningkatan kualitas yang produk yang ditawarkan dengan itu nasabah baru akan mendatangi kantor pemasaran bumi indah dan bisa menawarkan produkn lainnya .



3. Harga (price)
        Penetapan harga merupakan suatu hal penting . perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan. 
PBI pun memberikan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan nasabanhnya seperti pada produk KPR (Kredit pemilikan rumah) misal nasabah ingin membeli rumah dengan harga Rp. 380.000.000 dengan adanya kpr tersebut nasabah dapat mengasur pembelian rumah dengan dp pertama Rp.80.000.000 dan diangsur selama 10thn . dengan perbulan Rp. 3.000.000 hingga 10 thn . 



4.  Lokasi tempat ( place )
       Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumennya. PBI sangat mempertimbangkan untuk membuka perumahan yang terjangkau oleh konsumennya , dalam pemilihan lokasinya PBI membuka perumahan yang sangat strategis yakni dekat dengan bandara soekarno hatta yaitu 30 menit dari PBI , bukan hanya itu PBI juga berdekatan dengan mall dan pasar sehingga memudahkan masyarakat dalam memnuhi kebutuhannya . 



5. Orang ( people )
        People merupakan aset utama dalam industri jasa pemasaran . dalam hal ini adalah para costumer service (CS) yang berada pada posisi depan (frontliner) yang langsung bertemu dan memberikan servis kepada nasabahnya . CS berkinerja tinggi akan menyebabkan nasabah puas dan loyal , dengan adanya cs ini yang menjadi ujuung tobak PBI yang dilengkapi wawasan luas dan skill pemasaran yang tinggi akan membuat nasabh PBI memberi rasa pecaya dan aman untuk menetap di perumahan tersebut .



6. Proses ( process )
         Cara ini di implementasikan PBI dengan membuka dan menutup kantornya sesuai waktu yag ditentukan PBI . lalu juga karyawannya juga diberi skill yang dapat mengikuti prosedur dan sistem yang merupakan standarnya seperti memberikan pelayanan dalam mengahapi nasabah dengan senyum menyabut para nasabahnya . Proses yang berlangsung ini akan menjamin mutu layana PBI sehingga mendapat penilaian yang semakin baik .



7 . Bukti fisik ( physical evidence )
       Gedung merupakan bagian daari bukti fisik , karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi kosumen dalam perusahaan pemasaran yang memiliki karakter . perhatian terhadap interior , perlengkapan bangunan , termasuk tataletak dan tata ruang yang lapang menjadi pperhatian penting dan daapat mempengaruhi mood pengunjung .  bangunan harus dapat menciptakan suasana yang nyaman dengan keramahan dan kemuraahan senyum menjadi nilai tambah bagi pengunjung , khususnya menjadi syarat utama perusahaan pemasaran / marketing . bukti fisik yang dapat membuat PBI merasa puas adalah buakn hanya pelayan yang ada di kantor pemasaranya melaikan dengan ada contoh rumah yang dipasarkan sehingga nasabah yang ingin membeli bisa dapat melihat bagian dalam suatu rumah yang nanti akan ditempatinya . 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar